10 Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Dengan Cepat

10 Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Dengan Cepat

Ketika kita mempelajari bahasa untuk pertama kalinya, ada 4 hal yang kita lakukan. Pertama-tama, kita akan mendengar (listening), lalu berbicara (speaking), kemudian membaca (reading), dan terakhir menulis (writing). Keempat hal tersebut merupakan kemampuan dasar yang perlu kita kembangkan untuk mempelajari suatu bahasa. Oleh karena itu, saat kita mempelajari bahasa baru seperti misalnya bahasa Inggris, kita perlu menggunakan keempat kemampuan tadi secara maksimal agar dapat memperoleh hasil yang signifikan. Berdasarkan keempat kemampuan dasar tersebut, kami merangkum 10 hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan cepat.

Listening

Mendengar merupakan hal yang amat penting dalam mempelajari bahasa apapun. Dengan mendengarkan, kita dapat mencontoh sesuatu dan meningkatkan akurasi kita ketika berbicara. Cara untuk belajar mendengarkan dengan efektif adalah mendengarkan secara aktif, yaitu memperhatikan bukan hanya isi pembicaraan, tetapi juga cara pengucapannya. Oleh karena itu, kamu dapat melatih kemampuan listeningmu dengan cara mendengarkan hal berikut ini:

1. Musik – Kamu dapat mendengarkan musik dalam bahasa Inggris sesuai seleramu, tetapi mulailah belajar untuk mendengarkan liriknya dengan seksama sehingga kamu dapat menangkap arti dan intonasinya dengan baik.

2. TV, film, radio, dan sebagainya merupakan media yang tepat untuk melatih kemampuan listeningmu. Pada awalnya kamu mungkin akan memerlukan subtitle, namun secara perlahan usahakan hingga kamu dapat menikmati menonton sebuah acara yang menggunakan bahasa Inggris tanpa subtitle sama sekali.

3. Kamu juga dapat mengikuti seminar, talkshow, atau acara lainnya yang diselenggarakan oleh lembaga, sekolah, universitas, dan sebagainya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

Speaking

Kebanyakan orang sulit untuk memulai pembicaraan dalam bahasa Inggris karena tidak terbiasa. Oleh karena itu, penting untuk sering mempraktikkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harimu. Jangan takut salah, karena itu sesuatu yang wajar dalam proses belajar.

4. Mencoba voice chat. Dengan kemajuan teknologi saat ini, banyak sekali sosial media dan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan seseorang melalui ponselmu. Dimanapun kamu berada, kamu dapat terhubung dengan siapa saja.

5. Rekamlah suaramu sendiri. Awalnya mungkin akan terdengar aneh, tetapi dengan merekam suaramu dan mendengarkannya kembali, kamu dapat menyadari kekurangan dari intonasi dan cara berbicaramu lebih cepat.

6. Berbicara dalam bahasa Inggris setiap saat. Contohnya seperti di Wall Street English, kami memiliki apa yang disebut Total English Environment dimana semua orang harus membiasakan diri berbicara dalam bahasa Inggris setiap saat ketika berada di dalam center kami.

Reading

Meskipun minat baca masyarakat Indonesia termasuk rendah, membaca merupakan sebuah kegiatan yang dapat menunjang proses pembelajaran bahasamu menjadi lebih cepat karena membuat pikiranmu terbiasa dalam mengartikan sebuah kalimat, frase, ataupun idiom lainnya. Selain itu, dengan membaca kamu akan mempelajari lebih dalam mengenai grammar, tense, dan struktur kalimat. Kamu dapat melatih kemampuan membacamu dengan cara berikut:

7. Membaca buku, blog, jurnal, artikel, dan sebagainya yang menggunakan bahasa Inggris. Meskipun sebuah buku tersedia dalam bahasa Indonesia, akan lebih baik jika kamu membaca yang versi bahasa Inggrisnya agar kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cepat. Mulailah dengan bacaan yang ringan seperti misalnya komik, artikel pendek, cerita bergambar, dan sejenisnya.

8. Gantilah pengaturan bahasa dalam gawaimu menjadi bahasa Inggris. Dengan demikian, kamu akan lebih cepat memperbanyak kosakata bahasa Inggrismu, minimal kamu akan lebih cepat menghafal kata-kata yang sering muncul di menu ponselmu.

Writing

Menulis merupakan suatu tantangan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun dengan sedikit kemauan dan kedisiplinan, semua orang dapat menjadi terbiasa. Dengan menulis, kamu akan lebih cepat menghafalkan kosakata yang pernah kamu baca sebelumnya. Saat menulis, terutama untuk tulisan yang bersifat formal, kemampuan grammar kamu akan diuji secara penuh. Berikut ini cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan cepat lewat tulisan:

9. Tuliskanlah setiap kata atau kalimat yang menurutmu penting beserta dengan arti dan contohnya. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah untuk mengingatnya saat membacanya dalam sebuah kalimat.

10. Jangan takut untuk menuliskan komentar di sebuah blog atau sosial media yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian, kamu akan terlibat dalam sebuah percakapan yang interaktif, terutama jika tempat kamu menuliskan komen tersebut memiliki pengunjung yang cukup banyak.

Nah, itu tadi 10 tips yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan cepat. Namun, semua itu tidak ada artinya jika tidak dipraktikkan. Oleh karena itu, kamu harus melatihnya sesering mungkin. Kamu dapat mulai berlatih dengan mengerjakan tes singkat berikut ini.

WhatsApp chat Kontak Kami - Online