Asal Muasal Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Asal Muasal Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Pernah nggak sih kalian bertanya-tanya, apa sih asal muasal nama hari dalam Bahasa Inggris? Untuk menemukan jawabannya, kita perlu mengetahui bahwa Bahasa Inggris pada awalnya digunakan oleh orang-orang Germanic, yaitu orang-orang yang dulunya bermukim di Eropa bagian utara. Nah, orang-orang Germanic inilah yang kemudian menjadi leluhur dari bangsa Inggris (Anglo-Saxon), Jerman, Belanda, Denmark, Swedia, Norwegia, dan bangsa Eropa utara lainnya. Banyak kata dalam Bahasa Inggris yang diadopsi dari perbendaharaan kata bahasa Germanic, termasuk penamaan hari dalam Bahasa Inggris yang beberapa diantaranya diambil langsung dari nama figur mitologi orang-orang Germanic.

Sunday

Diambil dari Bahasa Inggris kuno Sunnandæg yang berarti sun’s day atau hari matahari. Sejak dahulu kala, banyak kepercayaan dan kebudayaan masa lampau yang menjadikan matahari sebagai figur dewa yang paling utama, sehingga mereka kemudian menempatkan hari matahari ini sebagai awal dari hari-hari lainnya. Namun seiring perkembangan jaman, hari ini menjadi hari libur internasional dan dianggap sebagai akhir sebuah minggu.

Monday

Jika ada hari matahari, maka sudah pasti ada hari bulan. Berasal dari kata Mōnandæg yang berarti moon’s day, hari ini merupakan hari yang paling tidak disukai oleh para pekerja kantoran dibandingkan hari lainnya karena menandai hari pertama kembali bekerja.

Tuesday

Dalam Bahasa Inggris kuno, hari Selasa disebut sebagai Tīwesdæg yang berarti Tiw’s Day. Tiw atau Tyr sendiri dikenal sebagai dewa perang bertangan satu dalam mitologi Nordik yang membunuh serigala raksasa Garmr dalam perang terakhir Ragnarok. Sayangnya, Tyr tewas bersamaan dengan lawannya tersebut.

Wednesday

Hari yang satu ini berasal dari kata Wōdnesdæg yang berarti Woden’s day. Woden sendiri merupakan sosok dewa yang paling dikenal oleh orang-orang Germanic pada abad ketujuh setelah Masehi. Dalam mitologi Nordik, nama Woden disebut juga sebagai Odin dan merupakan ayah dari beberapa dewa Nordik lainnya seperti Thor dan Baldr. Odin sering digambarkan sebagai bermata satu dan bersenjatakan tombak yang bernama Gungnir.

Thursday

Sebagian besar dari kita tentu sudah mengetahui bahwa Thor merupakan personifikasi dari dewa petir dalam mitologi Nordik. Nah, Thursday atau hari Kamis ini merupakan hari yang didedikasikan oleh orang-orang Germanic kepada dewa petir tersebut. Nama hari dalam Bahasa Inggris kuno ditulis sebagai Þūnresdæg ini memiliki arti harfiah sebagai hari petir. Dalam bahasa Nordik, petir ditulis sebagai Þunor dan ditulis sebagai Thor dalam Bahasa Inggris modern.

Friday

Berasal dari kata  Frīgedæg yang berarti Frige’s day. Frige sendiri merupakan seorang dewi dalam kebudayaan Anglo-Saxon dan digunakan juga oleh orang Norse untuk menyebut planet Venus sebagai Friggjarstjarna atau Frigg’s star.

Saturday

Hari Sabtu atau Sæturnesdæg dalam bahasa Inggris kuno merupakan satu-satunya nama hari yang tidak diambil dari dewa dalam mitologi Nordik, tapi dewa dalam mitologi Romawi yaitu dewa Saturn. Saturn sendiri merupakan ayah dari Jupiter (Zeus dalam mitologi Yunani).

 

Setelah kalian mengetahui kisah di balik nama-nama hari dalam Bahasa Inggris tersebut, mana cerita yang menurutmu paling menarik? Jangan lupa untuk mengikuti tes gratis dari kami di sini.

Baca juga: Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

WhatsApp chat Kontak Kami - Online