Mengenal Konsep Tense Dalam Bahasa Inggris

Mengenal Konsep Tense Dalam Bahasa Inggris

Lancar berbicara dalam bahasa Inggris itu tidak sulit asalkan kamu sering berlatih. Namun, mempelajari grammar, konsep, dan fundamental bahasa Inggris itu tidaklah mudah. Nah, satu hal yang tidak bisa kamu hindari ketika kamu mempelajari grammar adalah perkenalanmu dengan konsep tense yang terbagi ke dalam 16 jenis tenses. Lantas, apa itu tense? Tense adalah perubahan bentuk kata kerja (verb) berdasarkan referensi waktu kejadian dengan mengacu kepada saat pembicaraan dilakukan. Melalui perubahan bentuk kata kerja tersebut, kita dapat mengetahui kapan kata kerja tersebut dilakukan, apakah masih berlangsung atau tidak, apakah baru saja terjadi atau sudah lama, serta implikasinya di masa kini. Umumnya tense memiliki 3 bentuk, masa lampau (past), masa kini (present), dan masa yang akan datang (future).

Konsep Tense Dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, tense merupakan konsep yang sangat esensial, sementara dalam bahasa lain, konsep tersebut mungkin tidak begitu penting atau bahkan tidak ada sama sekali dalam struktur grammar bahasa tersebut. Contohnya, pada kata menyetir (drive), jika aktivitas tersebut dilakukan pada masa lampau maka bentuknya akan menjadi drove, sedangkan jika aktivitas tersebut baru akan dilakukan di masa yang akan datang, maka bentuknya akan menjadi will drive. Dalam bahasa Indonesia, tidak ditemukan perubahan seperti demikian karena bentuk katanya tetap menyetir baik di masa kini, lampau, atau pun yang akan datang.

Menurut analisis modern, bahasa Inggris sendiri sebenarnya hanya memiliki 2 bentuk utama yaitu past dan present, dimana bentuk future dikelompokkan bersama dengan present. Hal ini dikarenakan secara morfologis, bentuk dasar kata kerja bahasa Inggris hanya berubah dalam bentuk past tense, sementara bentuk dasar kata kerja dalam future tense tidak berubah, hanya ditambah kata kerja bantu (auxiliary verbs) seperti will, going to, dan sebagainya.

Pentingkah Tenses Untuk Dipelajari?

Kalau kamu bertanya mengenai tenses kepada penutur asli (native speaker) bahasa Inggris yang kamu temui di jalan, kecil kemungkinan mereka dapat menjelaskannya kepadamu. Namun, sebagai penutur asli, mereka dapat menggunakannya dengan baik tanpa perlu memahaminya, sebagaimana kita mengetahui penggunaan bahasa Indonesia tanpa perlu memahami teori-teorinya. Karena kita bukan penutur asli bahasa Inggris, maka ada baiknya kita mempelajari konsep tense ini agar kita tidak melakukan kesalahan saat menggunakan bahasa Inggris di depan umum. Kalau kamu sudah yakin dengan kemampuan bahasa Inggrismu, silakan ikuti tes gratis berikut ini.

WhatsApp chat Kontak Kami - Online