Weekly Grammar: Mengenal Gerund dan To Infinitives

Weekly Grammar: Mengenal Gerund dan To Infinitives

Hello Wallstreeters! Untuk grammar mingguan kali ini, kita akan belajar mengenai teori grammar dalam Bahasa Inggris yaitu to infinitives dan gerund. Banyak yang sering keliru saat menggunakannya karena keduanya sama-sama memodifikasi kata kerja (verb). Namun, ada perbedaan yang cukup mendasar. Gerund umumnya menggunakan imbuhan -ing dan berfungsi sebagai kata benda (noun). Sementara infinitives digunakan dengan menambahkan kata to di depan kata kerja yang hendak dimodifikasi. Untuk lebih jelasnya, silakan dilihat dibawah ini.

Gerund

Gerund adalah kata kerja (verb) dalam bentuk present participle yaitu memiliki imbuhan -ing, contohnya swimming, playing, listening, dsb. Bedanya, present participle berfungsi sebagai verb, sedangkan gerund berfungsi sebagai noun dalam sebuah kalimat. Contohnya, he is swimming adalah present participle, tetapi he likes swimming adalah gerund. Ada beberapa aturan dalam menambahkan imbuhan -ing untuk gerund:

  • Untuk kata yang memiliki akhiran huruf e, hilangkan huruf tersebut lalu tambahkan -ing. Contoh: ride > riding, take > taking, smoke > smoking.
  • Untuk kata yang diakhiri dengan huruf ie, ganti huruf ie tersebut dengan y lalu tambahkan -ing. Contoh: lie > lying, die > dying, tie > tying.
  • Untuk kata yang memiliki penggalan suku kata terakhir dengan bentuk konsonan-vokal-konsonan dan memiliki penekanan, cukup ulangi huruf terakhir sebelum menambahkan -ing. Contoh: jog > jogging, stop > stopping, skip > skipping.

Umumnya, gerund digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang nyata atau telah terjadi. Misalnya he enjoys drinking, artinya si subjek (he) menyukai tindakan (drink) yang pernah dilakukannya di masa lampau.

To Infinitives

Infinitives merupakan kata kerja yang diawali dengan imbuhan to dan selalu menggunakan bentuk dasar (v1). Contohnya to buy, to ride, to drink, etc. Pada umumnya, infinitives tidak dapat berdiri sendiri sebagai kata kerja tunggal di dalam suatu kalimat. Misalnya, kita tidak bisa mengucapkan he is to sing, tapi harus ditambahkan kata kerja lain seperti he is going to sing, he is planning to sing, etc. Kebalikan dari gerund, umumnya infinitives digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang tidak nyata, abstrak, atau belum terjadi. Misalnya he wants to drink, dalam hal ini si subjek (he) belum melakukan tindakan (drink).

 Penggunaan Gerund & Infinitives

Ada beberapa kalimat yang dapat menggunakan baik gerund maupun to infinitives tanpa merubah arti kalimat tersebut secara keseluruhan. Misalnya:

  • Some people prefer eating in a restaurant.
  • Some people prefer to eat in a restaurant.

Ada juga kalimat yang dapat menggunakan keduanya namun artinya berubah. Contohnya:

  • He stopped watching the movie. (Dia sedang menonton film kemudian berhenti menontonnya)
  • He stopped to watch the movie. (Dia berhenti melakukan sesuatu untuk kemudian menonton film)

Bagaimana, apakah ada sesuatu yang baru yang kamu pelajari dari pelajaran singkat diatas? Belajar online itu tidak sulit dan menyenangkan bukan? Kalau kamu merasa lebih percaya diri dalam penguasaan Bahasa Inggrismu sekarang, kamu dapat mengikuti tes singkat ini.

WhatsApp chat Kontak Kami - Online