10 Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris

10 Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris

    Apakah Anda Ingin Berhasil Dalam Belajar Bahasa Inggris?

Berikut ini adalah 10 Tips Sukses Belajar Bahasa Inggris!

wall street english

  1. Tentukan Tujuan Anda

Sebelum melakukan sesuatu, pastikan Anda telah menentukan tujuan/goal Anda. Begitu pula dengan belajar Bahasa Inggris, tentukan tujuan Anda, apakah Anda ingin memiliki karir yang lebih baik, memperluas jaringan bisnis, jalan-jalan mengelilingi dunia, ingin sampai di tingkat mana Anda belajar, dan lain sebagainya. Apapun alasan yang membuat Anda ingin belajar Bahasa Inggris, jika Anda sudah menentukan tujuan Anda maka teruslah berusaha untuk mencapainya.

  1. Temukan Tempat Belajar Bahasa Inggris Yang Terbaik untuk Anda

Pada dasarnya, setiap orang memiliki hal yang disukai dan hal yang tidak disukai, memiliki perbedaan pandangan hidup, dan sebagainya. Begitu juga dengan cara belajar, setiap orang memiliki kemampuan, preferensi, dan kecepatan belajar yang berbeda-beda. Cari tahu jenis dan metode balajar yang terbaik untuk Anda. Belajar Bahasa Inggris akan menjadi hal yang sangat menyenangkan jika Anda berada di tempat yang memberikan pengalaman belajar terbaik, metode yang sudah terbukti dan diakui secara global.

  1. Bertanggung jawab

Belajar Bahasa Inggris merupakan sebuah proses yang membutuhkan banyak waktu dan dedikasi yang tinggi. Hanya diri Anda sendiri lah yang dapat mengendalikan dan menentukan apa, kapan, dan bagaimana Anda melakukan sesuatu. Perlu diingat bahwa proses yang pendek namun dilakukan secara terus-menerus secara konsisten itu lebih baik dibandingkan dengan proses yang lama dan berlarut-larut. Jadi, Anda tidak harus berlatih sepanjang hari, cukup dengan menghabiskan waktu sebentar untuk melakukan aktivitas yang Anda sukai seperti mendengarkan musik, menonton film ataupun mebaca buku berbahasa Inggris. Buatlah aktivitas tersebut sebagai kegiatan sehari-hari Anda.

  1.  Baca, baca dan baca!

Tips belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah perbanyak membaca. Walaupun Anda hanya memiliki kemampuan Bahasa Inggris dasar, cobalah membaca artikel ataupun tulisan Bahasa Inggris yang ringan dan mudah dimengerti. Bahkan buku bacaan anak pun bisa menjadi bahan bacaan yang baik untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris Anda, jadi jangan merasa minder untuk belajar dari hal yang sepele sekalipun. Membaca sebuah tulisan akan membantu Anda memahami konteks pembicaraan dan menambah perbendaharaan kata dalam percakapan sehari-hari.

  1. Menonton film dengan subtitle

Siapa yang tidak suka menonton film? Anda dapat menonton film kesukaan Anda dengan menggunakan subtitle Bahasa Inggris untuk melatih pemahaman Anda pada dialog yang diucapkan dalam film. Pada dasarnya, dialog didalam film akan memberikan Anda wawasan mengenai cara berbicara dan menggunakan kalimat dengan efektif. Manfaatkanlah teknologi Internet untuk mencari film-film favorit Anda, karena segala kegiatan yang Anda lakukan akan menjadi lebih mudah jika itu merupakan hal yang Anda gemari. Begitu pun dengan belajar bahasa Inggris, Anda akan lebih mudah mengerti jika menggunakan metode belajar yang paling tepat.

  1. Mendengarkan siaran bahasa Inggris

Sangat penting bagi Anda untuk bukan hanya mengembangkan kemampuan berbicara, tetapi juga kemampuan mendengarkan dalam bahasa Inggris. Sekali pun Anda tidak menyukai musik, mendengarkan musik dan siaran radio berbahasa Inggris merupakan cara yang sangat efektif untuk mengembangkan kemampuan listening Anda. Siaran radio ataupun Podcast dapat membantu Anda melatih intonasi dan artikulasi dalam berbahasa Inggris. Meskipun Anda mengalami kesulitan dalam memahami arti kata per kata dari siaran yang Anda dengarkan, setidaknya Anda dapat memahami percakapan melalui konteks. Dengan memahami konteks pembicaraan, Anda sudah selangkah lebih maju dalam tahap penguasaan bahasa Inggris. Oleh karena itu, mendengarkan siaran bisa menjadi salah satu tips belajar bahasa Inggris.

  1. Jangan takut membuat kesalahan

Selama Anda belajar bahasa Inggris, gunakanlah terus bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari Anda. Jangan pernah takut dalam membuat kesalahan, karena semua orang pasti pernah berbuat salah. Kalahkan rasa takut Anda dalam berbahasa Inggris dan biasakan diri untuk berbicara dengan rasa percaya diri. Setiap kesalahan yang Anda lakukan justru akan membantu Anda dalam berlatih dan mengetahui aspek mana yang masih perlu dikembangkan. Jangan malu untuk menggunakan jasa penerjemah ataupun kamus untuk mengartikan sebuah kalimat. Pelan-pelan Anda akan memiliki perbendaharaan kata yang semakin berkembang dan dapat bercakap-cakap tanpa lagi membutuhkan bantuan penerjemah.

  1. Terus berlatih!

Tips belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah sering berlatih. “Practice makes perfect”. Pasti Anda sudah sering mendengar kalimat tersebut? Belajar bahasa Inggris itu memang bukan hal yang mudah. Tetapi, dengan banyak berlatih Anda dapat terus mengasah kemampuan bahasa Inggris Anda secara perlahan setiap harinya. Jangan pernah malas untuk mempraktikan pelajaran yang Anda dapatkan baik dari Internet, acara TV maupun siaran radio. Sama halnya dengan mengendarai mobil, Anda tidak akan mahir dalam berkendara jika tidak langsung mencoba dan terus berlatih. Belajar bahasa Inggris pun serupa.

  1. Gunakan berbagai jenis sumber

Mau belajar Bahasa Inggris yang ‘sesungguhnya’? Jangan hanya membaca buku ataupun mengerjakan soal Bahasa Inggris dari buku pelajaran. Internet, film, koran, majalah dan media lainnya menyediakan informasi dan wawasan tanpa batas untuk Anda. Didalamnya terdapat keberagaman jenis kalimat, struktur dan juga kosakata yang dapat membantumu belajar Bahasa Inggris dengan semakin cepat.

  1. Kembangkan 4 kemampuan Bahasa secara simultan

Pastikan bahwa Anda melatih ke-4 kemampuan Bahasa mu baik dari segi berbicara, mendengarkan, menulis dan membaca. Dengan menguasai semuanya, rasa percaya diri Anda otomatis akan semakin meningkat. Jika Anda hanya menguasai kemampuan membaca dan menulis saja, maka biasanya Anda akan malu pada saat berbicara didepan public dan merasa kurang percaya diri saat berbicara dnegan orangt lain.

Seperti yang disebutkan di awal artikel ini, Anda perlu menemukan kursus yang menggunakan metode yang sesuai dengan gaya belajar Anda. Ada banyak institusi yang bisa Anda pilih. Wall Street English adalah salah satunya: membantu member menguasai Bahasa Inggris – sama seperti saat belajar bahasa kita sendiri. Dengan menawarkan cara belajar mandiri, kelas kecil, lingkungan bahasa Inggris dan yang terpenting, memberi kesempatan untuk menggunakan aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat untuk sambil berlatih Bahasa Inggris untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Baca juga : (6 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Belajar Bahasa Inggris)

WhatsApp chat Kontak Kami - Online