Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar Bahasa Inggris?

belajar bahasa inggris

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar Bahasa Inggris?

Singkatnya, level Bahasa Inggris yang ingin dicapai oleh setiap orang pastilah berbeda. Seseorang yang menggunakan Bahasa Inggris untuk liburan tidak membutuhkan level Bahasa Inggris untuk bisnis. Sehingga, beberapa orang menguasai Bahasa Inggris dalam 1 sampai 3 tahun, sedangkan beberapa lainnya membutuhkan 4 sampai 10 tahun! Kamu tidak dapat menentukan secara tepat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguasai Bahasa Inggris. Telah banyak dilakukan penelitian mengenai hal ini dan menunjukkan bahwa pembelajaran yang efektis dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

  • Pengajaran yang efektif dan materi yang dibutuhkan mempengaruhi lamanya waktu yang dibutuhkan untuk belajar Bahasa Inggris
  • Kemampuan, motivasi dan kesiapan setiap individu
  • Suasana kelas yang disesuaikan dengan Bahasa, budaya dan kebutuhan para siswa

Apakah yang sebenernya dimaksud dengan “belajar” Bahasa Inggris? Ada begitu banyak cara dalam mempelajari Bahasa Inggris, begitu pula dengan cara mengukur kemampuan Bahasa Inggris. Biasanya kemampuan Bahasa Inggris akan dibagi menjadi Beginners, Intermediates, Advanced dan Fluent. Dalam The Common European Framework of Reference for Languages (CEFR), sebagai sebuah standar internasional, kemampuan Bahasa Inggris dibagi menjadi A1, A2, B1, B2, dan seterusnya. Global Scale of English (www.english.com/gse) merupakan sebuah skala pengukuran kemampuan Bahasa Inggris yang terbaru dan bekerja seperti sistem skala thermometer dan suhu, sehingga progres belajar dapat diukur secara mudah dan akurat. Level apa yang harus kamu capai sehingga kamu telah membuktikan bahwa kamu telah menguasai Bahasa Inggris? Hal yang terpenting adalah bahwa kamu mengetahui bagaimana cara mengukur kemampuan Bahasa Inggrismu, sehingga kamu bisa merencakan bearapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menguasai Bahasa Inggris.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu hal yang terpenting ketika belajar Bahasa Inggris adalah tentang bagaimana kamu belajar. Ada begitu banyak metode pembelajaran dan materi yang bisa digunakan. Setiap orang belajar dengan menggunakan metode yang berbeda. Beberapa orang memilih untuk belajar secara otodidak dan menggunakan material Bahasa Inggris yang dapat diakses dengan mudah dan gratis. Namun beberapa orang memilih untuk belajar secara kelompok dan tidak begitu menyukai teknologi, sehingga mereka merasa paling nyaman untuk belajar di dalam kelas. Sebuah metode pembelajaran yang diesebut dengan ”blended learning” merupakan perpaduan dari waktu belajarmu sendiri, belajar dengan guru dan belajar dengan teman.

Faktor penting lainnya adalah bahwa setiap orang belajar dengan cara dan motivasi yang berbeda. Sebagai contoh, untuk level pemula biasanya pembelajaran akan terjadi begitu cepat di awal, karena beberapa materi cukup mudah dan cukup familiar. Untuk level advance proses pembelajaran akan lebih lama dikarenakan kebanyakan hal-hal dasar telah dipelajari. Di Inggris pemerintah menetapkan level Bahasa Inggris B1 atau intermediate untuk menetap di negaranya. Cambridge English mengadakan penelitian yang menunjukan bahwa dibutuhkan 200 jam belajar untuk berpindah dari satu level ke level selanjutnya. Berikut table yang lebih detil:

Common European Framework Guided Learning Hours (From Beginner Level)

CEFR Level Jumlah jam yang dibutuhkan (perkiraan)
C2 1,000—1,200
C1 700—800
B2 500—600
B1 350—400
A2 180—200

Sourced from Cambridge English Language Assessment (support.cambridgeenglish.org)

Bagaimanapun juga, jika seseorang memiliki motivasi yang tinggi, mereka dapat memiliki progress yang lebih cepat. Terdapat juga beberapa cara untuk belajar dengan lebih cepat, yaitu dengan terus menggunakan Bahasa Inggris dan mempraktekkan Bahasa Inggris dalam interaksi sosial. Hal yang terpenting adalah dengan mengkombinasikan banyak cara dalam belajar Bahasa Inggris dan menikmati setiap proses yang ada

WhatsApp chat Kontak Kami - Online