5 Cara Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris

grammar bahasa inggris

5 Cara Mudah Belajar Grammar Bahasa Inggris

Secara umum, grammar dikenal sebagai kumpulan kaidah mengenai struktur dan tata cara penggunaan dalam suatu bahasa. Pada dasarnya, setiap bahasa memiliki grammar yang berbeda-beda. Misalnya pada bahasa Indonesia. Terkadang karena kita telah terbiasa dengan bahasa Indonesia, pada saat belajar bahasa Inggris kebiasaan tersebut masih sering terbawa. Nah, disini kita akan membahas mengenai tips belajar grammar bahasa Inggris dengan mudah. Kamu pasti dapat menjadi semakin percaya diri dalam berbahasa Inggris!

  1. Cara Baru Belajar Grammar yang Praktis

Tahukah kamu bahwa salah satu cara mudah dalam mempelajari grammar adalah dengan mendengarkan dan berbicara. Dengan kata lain, cobalah untuk mendengarkan sebuah percakapan dalam bahasa Inggris dan pelajari grammar yang digunakan, kemudian tiru dan praktikkan untuk mengetahui sejauh mana pemahamanmu terhadap konteks. Di Wall Street English, kamu akan menemukan pola belajar seperti ini dimana kamu akan mendengarkan penggunaan grammar bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari, kemudian mencoba mempraktikannya untuk dapat memahami struktur dan tata bahasa yang digunakan. Sama seperti ketika seorang bayi yang baru mulai belajar untuk berbicara, kamu harus mulai dari mendengar lalu mencoba untuk meniru apa yang kamu dapatkan dengan berbicara.

  1. Pelajarilah Satu per Satu

Tips selanjutnya belajar grammar bahasa inggris adalah belajar secara bertahap. Seperti layaknya bahasa lain, dalam bahasa Inggris grammar yang tersedia terdiri dari berbagai macam tingkat kesulitan. Dari yang sangat sederhana hingga yang rumit dan membuat pusing kepala. Jangan paksakan dirimu untuk mempelajari semuanya secara langsung. Mulailah dari jenis grammar yang mudah, lalu terus latih dirimu hingga terbiasa dan sudah mampu menggunakannya tanpa perlu melihat buku teks. Selanjutnya secara bertahap pelajari terus hingga mencapai tingkat kesulitan yang tinggi. Jadi, kalau ada yang bisa dibuat mudah, untuk apa dipersulit?

Baca juga: Tips Bahasa Inggris – Perbedaan Countable dan Uncountable Noun

 

TES GRAMMAR GRATIS KLIK DISINI

 

  1. Buatlah Kegiatan Belajar Anda menjadi Menyenangkan

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah ciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Jika harus mengingat kembali masa-masa belajar di bangku sekolah dulu, mungkin sebagian besar siswa merasakan bahwa pelajaran bahasa Inggris yang mereka dapatkan terkesan rumit dan membosankan. Bayangkan saja jumlah siswa yang banyak didalam satu kelas, perhatian tenaga pengajar yang terbagi-bagi, dan aktivitas yang banyak terjadi berasal dari guru. Untuk segelintir orang, metode ini berhasil. Namun, banyak yang menyatakan bahwa metode tradisional seperti ini memberikan sedikit sekali perkembangan yang kamu butuhkan.

 

Di Wall Street English, kamu akan disajikan dengan video ala Hollywood yang sangat menghibur ketika mempelajari grammar. Metode belajar yang interaktif memberikan kamu banyak kesempatan untuk melatih kemampuan secara konstan.

  1. Jangan Takut Membuat Kesalahan

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah jangan takut salah. Sebagai seorang ‘siswa’, di dalam proses belajar pasti akan ada saatnya kamu melakukan kesalahan. Terkadang ketika kita melakukan kesalahan, kita merasa takut untuk melanjutkan karena khawatir akan membuat kesahalan yang lain.  Padahal sebenarnya, membuat kesalahan dalam suatu proses pembelajaran merupakan hal yang wajar dan alami lho! Dengan membuat kesalahan kita dapat memahami apa yang perlu dipelajari kembali.

  1. Manfaatkan Teknologi

Di era globalisasi ini, teknologi menjadi salah satu aspek yang sangat berpengaruh di dalam hidup kita. Manfaatlah informasi yang tersedia di Internet untuk membantu mengasah grammar bahasa Inggrismu. Misalnya, dengan menonton banyak video belajar bahasa Inggris dan kemudian mempraktikkannya secara langsung di kehidupan sehari-hari. Bahkan kamu dapat menyimpan banyak aplikasi yang menyediakan grammar tips di dalam ponselmu.

Bagaimana? Untuk mengukur sejauh mana pemahamanmu mengenai grammar dalam bahasa Inggris. Ikuti tes bahasa Inggris berikut ini!

 

TES GRAMMAR GRATIS KLIK DISINI
WhatsApp chat Kontak Kami - Online