Cara Menulis Berita Dalam Bahasa Inggris

Cara Menulis Berita Dalam Bahasa Inggris

Darimana Anda biasanya mengetahui cuaca hari ini?

Atau, klub apakah klub sepakbola favorit Anda berhasil maju ke babak final?

Yup! Berita adalah sumber dari segala jenis informasi, baik yang baru saja terjadi, sudah terjadi sejak lama, hingga yang akan terjadi. Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Dalam bahasa Inggris, berita ditulis dalam dua jenis yang paling umum, yaitu News Article dan Feature Article. Hmm… Kira-kira apa saja yang perlu dilakukan untuk dapat menulis berita bahasa Inggris dengan baik?

Namun sebelumnya, mari kita pahami terlebih dahulu perbedaan antara news article dan feature article. Secara umum, news article adalah jenis berita yang memuat peristiwa-peristiwa yang sedang hangat diperbincangkan. Di dalamnya berisi informasi yang menjawab semua pertanyaan 5W+1H. Sedangkan feature article berisikan berita yang dibahas secara mendalam dibandingkan artikel biasa. Berita yang dimuat biasanya dilihat dari berbagai sudut pandang, dan ditulis dengan menggunakan gaya bahasa yang lebih menarik.

Nah, berikut ini adalah beberapa unsur penting yang harus diperhatikan dan juga cara menulis berita bahasa Inggris yang baik dan benar!

Buatlah kerangka berita! Ingat! Cara terbaik dalam menulis suatu berita adalah dengan mempersiapkan kerangkanya terlebih dahulu. Lakukan riset untuk mendapatkan data yang Anda butuhkan, dan buatlah daftar gagasan pokok yang ingin dituangkan dalam setiap paragrafnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda persiapkan dalam kerangka berita:

– Kalimat utama, buat satu kalimat yang akan langsung menarik perhatian pembaca.

– Pembuka berita, fakta dan data apa yang akan melandasi berita Anda dan juga kapanj

peristiwa tersebut terjadi.

– Kutipan narasumber, Anda ingin memberikan kesan keterlibatan pembaca dalam peristiwa

tersebut dengan memberikannya sebuah sudut pandang dari pelaku peristiwa.

– Gagasan inti, ide pokok dalam berita.

– Penutup berita, buat kalimat yang merangkum keseluruhan artikel dalam beberapa baris tulisan.

– Kesimpulan, bagaimana caranya Anda bisa membuat sebuah paragraf yang berkesan, ringkas,

namun akan terus diingat oleh si pembaca.

Setelah mengetahui cara menulis berita dalam bahasa Inggris yang baik dan benar, kini saatnya kamu mencoba untuk membuat berita dengan versimu sendiri!

WhatsApp chat Kontak Kami - Online